Jurnal Hari

Perencanaan: Estimasi dan Realisasi

Bagaimana kita merencanakan sesuatu
Mulanya saya memasukkan semua hal yang bisa saya pikirkan, dan saya pikir bisa saya raih.

Bagaimana kita membuat estimasi
Saya membuat estimasi berdasarkan apa yang saya ketahui saat itu.

Bagaimana kita merealisasikannya
Mencoba dari yang termudah

Bagaimana jika rencana tidak terealisasi
Ternyata tidak semudah itu, kenyataan tidak selalu berjalan seperti yang kita bayangkan saat membuat rencana.

Bagaimana jika rencana terealisasi lebih cepat
Hal yang kita rencanakan terlalu mudah atau belum mencapai pada kapasitas optimum

Sebuah kebijaksanaan

Ringkasan

  1. Bagaimana kita membuat rencana (ekspektasi tinggi/rendah, detail/tidak)
  2. Bagaimana kita membuat estimasi (optimis/pesimis)
  3. Bagaimana kita mencapai rencana tersebut (memikirkannya dengan serius/santai)
  4. Bagaimana membuat penyesuaian jika tidak berjalan sesuai rencana (segera melakukan adjustment/stress karena gagal)

#pengembangan-diri