Jurnal Hari

Menulis

Mengapa

Lalu Bagaimana

Dalam proses belajar, menulis membantu saya memikirkan ulang mengenai sebuah konsep sehingga memberikan umpan balik tentang seberapa baik saya menguasai suatu konsep.

Menulis memberikan efek yang bagus sebagai aktivitas latihan dalam membangun konstruksi informasi dalam pikiran. Bersamaan dengan proses menulis, saya seolah didorong untuk menyusun informasi secara sistematis di kepala.

Aktivitas ini juga menjadi semacam refleksi pada diri saya pribadi, sarana untuk memikirkan kembali, untuk belajar dari pengalaman.

Saya pikir membuat tulisan sebagai dokumentasi akan memberikan manfaat. Teks yang pernah saya baca, hal-hal yang saya pelajari, perjalanan yang saya lewati dan lebih lagi hal-hal yang saya lakukan dalam hidup, ketika membutuhkannya suatu saat di masa depan, saya dapat dengan mudah menemukannya.

Saya akan belajar untuk menulis dan menulis untuk belajar.

#pengembangan-diri