Jurnal Hari

Aku Banyak Bermimpi namun Tidak Melakukan Apapun

Aku punya rasa ingin tahu yang besar, seringkali terpesona oleh buku-buku dan artikel-artikel yang keren. Aku ingin menjadi pembaca, banyak membaca, memiliki gaya hidup membaca. Aku membeli banyak buku tetapi tidak membacanya hingga tuntas. Aku bosan setelah beberapa bab. Aku menyukai gagasan membaca tetapi tidak benar-benar membaca.

Aku memiliki ide proyek pemrograman. Aku ingin membuat aplikasi, situs web yang menarik, produk, memonetisasinya, membangun sesuatu yang dapat menarik orang. Namun tetap saja, aku belum membangun apa pun. Aku seorang seniman tanpa seni. Aku seorang pemikir tanpa kata-kata.

Aku mendapatkan inspirasi dengan mudah. Banyak ide dan perasaan yang sangat kuat. Kadang aku merasa penuh semangat, berfantasi tentang hasil akhirnya, melihat diriku sukses bahkan sebelum memulai. Aku melarikan diri dari kenyataan.

Aku mengikuti orang-orang yang memamerkan karya hebat mereka di internet. Aku hanya melihat hasil akhirnya yang mengesankan, abai pada perjuangan dan kegigihan dalam proses perjalanannya. Lalu bertanya pada diri sendiri, "Mengapa aku belum memulainya? Aku pasti akan melakukannya kali ini."

Aku telah mencoba beberapa kali, namun seringkali, aku jenuh atau menghadapi kesulitan yang tidak terduga, kehilangan motivasi, lalu berhenti. Semua terlihat jauh lebih keren dalam angan-anganku. Bukankah seharusnya passion itu selalu terasa menyenangkan ketika dikerjakan? Bukan passion namanya jika aku harus berjuang keras, kan?

Aku tenggelam dalam berbagai kemungkinan. Aku ingin menulis blog, memiliki channel YouTube, menulis banyak proyek pemrograman, memulai sebuah perusahaan, mendiskusikan filsafat, agama dan gaya hidup.

Yang sebenarnya terjadi adalah, aku takut untuk berkomitmen dan mengabdikan diri pada satu hal. Bagaimana jika aku memilih jalan yang salah dan membuang waktu? Itu membuatku stres, dan pada akhirnya, aku tidak melakukan apa pun.

Memiliki banyak impian itu keren, tapi mewujudkannya jauh lebih baik. Mulailah untuk benar-benar melakukan. Setiap hari, luangkan waktu untuk mewujudkannya. Tidak ada pujian atau tepuk tangan. Hanya dirimu dan tindakan yang sungguh-sunguh.

Inspirasi: I Dream a Lot and Do Nothing - Dreamer